Pages

Subscribe:

Sabtu, 17 September 2011

Teknologi... Beban Manusia Masa Depan


Penemuan terbaru tentu saja merupakan suatu kemajuan peradaban. Kehidupan menjadi lebih mudah dan praktis. Hubungan manusia akan menjadi lebih mudah dan cepat. Kita menilai hal itu sebagai suatu yang membanggakan dan keberhasilan.

Namun dengan adanya temuan terbaru, maka akan ada kebutuhan baru, kebutuhan yang harus dipenuhi, karena tentu saja tanpa itu kita akan ketinggalan dan tertinggal dengan orang lain. Inilah yang menjadi dasar pernyataan bahwa teknologi akan menjadi beban yang menghimpit manusia.

Sebagai contoh sebelum ditemukan HP mungkin kita tak akan menganggarkan uang untuk membeli pulsa, namun kita kini harus menyisihkan uang kita untuk membiayai pengeluaran ini. Begitu juga dengan internet, mungkin anda yang punya anak yang hobi ber-internet ria harus menyisakan uang jajan yang lebih agar si buah hati anda  memiliki kesempatan untuk menikmati internet.

Belum lagi dampak teknologi yang merusak mental anak-anak anda, anda harus meyisihkan waktu yang lebih untuk mengawasi mereka agar tidak terjatuh dalam dunia yang belum pantas mereka masuki.

Teknologi memaksa anda untuk mengkonsumsi mereka tanpa peduli dari mana sumber keuangan tambahan anda, ada televisi model terbaru, handphone android hingga kendaraan tipe terbaru. Semua itu menjadi daftar belanjaan yang harus anda penuhi agar anda up to date sepanjang waktu.

Bagi masyarakat yang keuangannya pas-pasan terkadang keinginan untuk memiliki barang baru adalah seumber dari sebuah masalah baru baik itu dalam kehidupan keluarga taupun masalah hukum. Ada seorang anak yang tidak menyayangi ayahnya karena tidak dibelikan motor terbaru atau sekedar Blackberry Torch. 

Ada pula seorang ayah yang merampok karena ingin membeli sebuah motor. Memang ini mungkin hanyalah sebuah opini, namun tak bisa dipungkiri bawa banyak kejahatan yang dimulai dari keinginan untuk membeli/memiliki sesuatu.

Kadang ada pemikiran bahwa kehidupan kedepan akan semakin sulit karena dimasa datang, kebutuhan akan semakin banyak saja, dan ini tentu saja berbeda daripada di masa lalu. Dimana dimasa lalu kebutuhan manusia hanyalah seputar pangan, sandang dan papan, namun kini bertambah satu lagi yaitu teknologi.

Teknologi memaksa kita agar memilikinya, dan itu menjadi sebuah beban baru untuk manusia abad modern..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar