Kebakaran 8 Tewas, KM Kirana IX Tetap Beroperasi
SURABAYA - Kapal Motor (KM) Kirana IX tetap diizinkan beroperasi oleh Dirjen Perhubungan Laut (Hubla), Kementerian Perhubungan, pasca-kebakaran yang terjadi dek bawah kapal.
Dalam insiden kebakaran yang disebabkan korsleting di salah satu truk yang diparkir di dek bawah itu, delapan orang tewas dan puluhan menderita luka. Korban luka sebagian masih dirawat di RS PHC Surabaya.
Dirjen Hubla Leon Muhammad menjelaskan korban berjatuhan akibat kepanikan penumpang kapal saat berebut turun setelah mengetahui ada kebakaran. Saat itu para kru sudah menjalankan tugas untuk meminta penumpang tidak panik. Korban tewas disebabkan terinjak-injak dan sesak napas karena berdesakan saat berusaha menyelematkan diri.
Leon menegaskan secara teknis KM Kirana IX tidak bermasalah atau layak jalan.
Sementara itu Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama Bambang Haryo mengatakan pihaknya akan membantu para korban dalam pengurusan asuransi. Bambang menambahkan segera akan memberi santunan kepada para korban baik yang meninggal maupun yang luka.
Seperti diketahui KM Kirana IX terbakar saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sekira pukul 05.00 WIB, Rabu kemarin. Kapal sedianya akan berangkat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.