HELSINKI - Nokia akan segera memperkenalkan ponsel berbasis Windows Phone yang pertamanya. Hal tersebut dikatakan oleh CEO Nokia Stephen Elop, menurutnya itu kesempatan yang bagus dan menjadi alternatif untuk berada diantara Apple dan Google.
"Kami percaya bahwa itu merupakan kesempatan yang bagus dan dapat menjadi sebuah alternatif," ujar Stephen seperti dikutip dari Yahoo News, Rabu (4/10/11).
Stephen mengatakan hal tersebut saat ia menghadiri pameran teknolgi di Helinski. "Persaingan ini semakin meluas ke ranah tablet dan televisi," ujarnya lagi.
Sebagai perusahaan yang mempunyai jumlah produktifitas ponsel terbesar di dunia, saati ini Nokia telah teringgal jauh dari Apple dan Google. Karena hal tersebut, maka Nokia mengumumkan bahwa mereka mempunyai strategi baru pada awal tahun depan.
Nokia memutuskan untuk bekerjasama dengan Microsoft dan menggunakan Windows untuk ponsel mereka nantinya.
Sementara Nokia mengalami kerugian yang cukup besar, dan juga kehilangan pangsa pasarnya, Apple sedang ditungu-tunggu untuk memberitahukan versi terbaru dari iPhone.
Dengan dominasi pangsa pasar smartpone oleh Apple dan Samsung, hal tersebut menjadi sinyal bahwa masa jaya Nokia selama 15 tahun telah berakhir dengan menurunnya penjualan Nokia sebesar 20 persen pada bulan Juni di saat persaingan smartphone sedang memanas.