Hasil Lengkap Matchday 2 Liga Champions
JAKARTA - Pertandingan atau matchday kedua penyisihan grup Liga Champions 2011/2012 telah rampung digelar sepanjang tengah pekan ini. Hasilnya pun beragam. Sejumlah tim favorit menuai hasil mengecewakan, namun tak jarang juara tim unggulan yang meraih hasil maksimal.
Pada laga Selasa atau Rabu (28/9/2011) dini hari kemarin, kejutan besar ditorehkan klub Swiss, FC Basel yang secara mengejutkan sukses menahan imbang finalis musim lalu, Manchester United di Old Trafford. Basel bahkan nyaris menggondol poin penuh andai Ashley Young tidak mencetak gol di masa injury time untuk menyelamatkan United dari kekalahan dan memaksakan hasil imbang 3-3.
Dengan hasil ini, United masih tercecer di posisi tiga klasemen sementara Grup C dengan raihan dua poin, terpaut dua angka dari Basel (4 poin) dan Banfica (4) yang pada saat bersamaan sukses menundukkan tim asal Rumania, Otelul Galati yang terbenam di dasar klasemen dengan raihan nol poin.
Di Grup A, klub kaya raya Inggris, Manchester City harus mengakui keunggulan tuan rumah Bayern Munich yang unggul pengalaman. City harus menerima pil pahit, kalah 0-2. Di laga ini, Carlos Tevez menunjukkan tindakan arogan dengan menolak dimainkan. Buntutnya, striker asal Argentina diskors oleh klub untuk dua pekan mendatang.
Sementara di laga lain, utusan Serie A, Napoli sukses membenamkan wakil Spanyol, Villarreal dengan skor meyakinkan 2-0. Marek Hamsik dan Edinson Cavani menjadi aktor utama kemenangan Il Partenopei yang kini menempel ketat Bayern di puncak klasemen Grup A dengan raihan empat poin, atau terpaut dua angka. Sayang, dalam kemenangan ini Cavani mengalami cedera sehingga diragukan bisa tampil menghadapi Inter Milan di pentas Serie A, akhir pekan ini.
Di Grup B, Inter Milan akhirnya mengakhiri rentetan hasil buruknya. Bersama pelatih anyar Claudio Ranieri, I Nerazzurri sukses meraih kemenangan perdananya dengan menundukkan tuan rumah CSKA Moskow dengan skor 3-2. Namun, kemenangan ini belum mampu mengantar Inter memuncaki klasemen Grup B. Dengan raihan tiga angka, Inter bercokol di posisi dua, terpaut satu angka dari Trabzonspor yang beberapa jam berselang, sukses menahan imbang Lille 1-1.
Sementara pada pertandingan Rabu malam dan Kamis (29/9/2011) dini hari tadi, Barcelona sukses 'menghancurkan' klub semenjana asal Belarusia BATE Borisov dengan skor telak 5-0. Lionel Messi menymbang dua gol dalam kemenangan ini sekaligus membuatnya menyamai rekor gol legenda Barca, Laszlo Kubala dengan torehan 149 gol. Messi bercokol di tempat kedua daftar pemain tersubur Barca di bawah Cesar Rodriguez (235 gol).
Sementara pada partai lain di Grup H, AC Milan juga sukses memetik kemenangan perdananya di Liga Champions. Milan menang 2-0 atas tim debutan Viktoria Plzen, asal Rep.Ceska. Zlatan Ibrahimovic yang kembali bermain setelah pulih dari cedera membuka keunggulan Milan lewat titik putih sebelum digandakan Antonio Cassano di pertengahan babak kedua.
Dengan hasil ini, Milan menempel ketat Barcelona di puncak klasemen Grup H. Milan dan Barca sama-sama mengoleksi empat angka, namun I Rossoneri kalah dalam selisih gol.
Di Grup E, Chelsea dipaksa bermain imbang saat melawat ke markas Valencia di Mestalla. Sempat unggul melalui Frank Lampard, The Blues harus puas dengan raihan satu angka, setelah penalti Roberto Soldado menyelamatkan Los Che dari kekalahan. Meski hanya imbang 1-1, Chelsea tetap memimpin klasemen Grup C dengan raihan empat angka, unggul satu poin dari Bayer Leverkusen yang pada saat bersamaan sukses menang 2-0 atas Racing Genk, asal Belgia.
Arsenal juga memetik poin absolut saat menjamu wakil Yunani, Olympiakos. Dua gol dua pemain baru Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain dan Andre Santos membawa The Gunners menang tipis 2-1. Sementara di pertandingan lain, Olympique Marseille juga sukses memetik poin sempurna usai menundukkan jawara Bundesliga, Borrusia Dortmund dengan skor telak 3-0.
Dengan kemenangan ini, Marseille berhak memuncaki klasemen Grup F dengan raihan sempurna, atau enam poin. Arsenal berada di tempat kedua dengan koleksi empat angka, diikuti Dortmund di tempat ketiga dengan satu poin.
Hasil Lengkap Matchday 2 Liga Champions:
Grup A:
Bayern Munich 2 - 0 Manchester City
Napoli 2 _ 0 Villarreal
Grup B:
CSKA Moskow 2 _ 3 Internazionale
Trabzonspor 1 _ 1 Lille
Grup C:
Manchester United 3 _ 3 Basel
Otelul Galati 0 _ 1 Benfica
Grup D:
Olympique Lyon 2 _ 0 Dinamo Zagreb
Real Madrid 3 - 0 Ajax
Grup E:
Valencia 1 _ 1 Chelsea
Bayer Leverkusen 2 _ 0 Genk
Grup F:
Arsenal 2 _ 1 Olympiakos Piraeus
Olympique Marseille 3 _ 0 Borussia Dortmund
Grup G:
Zenit 3 _ 1 Porto
Shakhtar Donetsk 1 _ 1 APOEL
Grup H:
BATE 0 _ 5 Barcelona
Milan 2 _ 0 Viktoria Plzen